Situs Warisan Dunia di Palestina-Kasih PalestinaBerita

Palestina dan Sejumlah Situs Warisan Dunia yang Dilindungi UNESCO

Kasihpalestina.com – Tanggal 16 November 2018 merupakan peringatan Hari Konferensi Situs Warisan Dunia. Dari sekian negara yang situs-situsnya terdaftar dalam lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, Palestina termasuk di dalamnya. Sebelum itu, akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu Situs Warisan Dunia.

Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites) merupakan tanda atau tempat yang dipilih oleh lembaga PBB, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), karena memiliki nilai budaya, sejarah, ilmiah atau bentuk signifikansi lain, dan secara legal dilindungi oleh pakta (perjanjian internasional). Situs-situs itu dinilai penting untuk kepentingan kolektif manusia.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Metode-metode Menghafal Alquran ala Gaza!

Terdapat tiga situs Palestina yang masuk daftar UNESCO, dua di antaranya adalah Kota Tua Al-Khalil (Hebron) dan Lahan Pertanian Yerusalem Selatan—Battir.

  • Hebron/Kota Tua Al-Khalil

Penggunaan batu gamping/kapur membentuk konstruksi kota tua Hebron/Al-Khalil selama periode Mamluk antara tahun 1250 dan 1517. Daya tarik utama kota ini adalah situs Masjid Ibrahimi/Makam Patriarki yang bangunannya berada di dalam kompleks, yang dibangun pada abad kesatu. Dimaksudkan untuk melindungi makam nabi Ibrahim dan keluarganya. Tempat ini menjadi situs ziarah untuk tiga agama samawi: Islam, Kristen, dan Yahudi. Kota Hebron sendiri terletak di persimpangan rute perdagangan untuk karavan, yang melakukan perjalanan antara Palestina bagian selatan, Sinai, Yordania Timur dan utara Semenanjung Arab.

Situs Warisan Dunia di Palestina-Kasih Palestina
Keterangan foto: Pemandangan malam kota Hebron, Tepi Barat. (Sumber. UNESCO)
  • Tanah Zaitun dan Tumbuhan Merambat – Lanskap Budaya Yerusalem Selatan, Battir

Situs ini terletak beberapa kilometer dari barat daya Yerusalem, di dataran tinggi antara Nablus dan Hebron. Lanskap bukit Battir terdiri dari sejumlah lembah pertanian, yang dikenal sebagai widian, dengan petak perkebunan yang khas, beberapa di antaranya diairi/diirigasi untuk dijual hasil produksi tanamannya, sementara yang lainnya kering dan ditanami dengan tumbuhan anggur serta pohon zaitun. Pengembangan petak pertanian di wilayah pegunungan didukung oleh saluran irigasi yang bersumber dari bawah tanah. Sebuah sistem distribusi tradisional, yang kemudian digunakan untuk membagi air yang dikumpulkan melalui saluran tersebut antar keluarga di desa-desa terdekat dari area Battir.

Situs Warisan Dunia di Palestina-Kasih Palestina
Keterangan foto: Petak perkebunan khas (menggunakan batu) di Battir, Yerusalem Timur. (Sumber. UNESCO)

Itulah beberapa situs yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites) di bawah lembaga PBB UNESCO. Semoga menambah pengetahuan kita semua dan membuat kita selangkah lebih dekat dengan Palestina. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. UNESCO, Wikipedia

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita

1 Comment

Comments are closed.