Kasihpalestina.com – Salah satu sumber kekuatan Palestina dalam melawan penjajahan adalah kuatnya hubungan mereka dengan Sang Pencipta, bagaimana muslim Palestina patuh menjalankan aturan agama berdasarkan Alquran dan sunah Nabi. Untuk bisa seperti itu, peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting, agar Alquran dan sunah mengakar kuat di dalam hati. Sebagai muslim, mereka mendidik buah hati berdasarkan sunah Rasululullah Saw. dan berdasarkan pengalaman mereka di tempat yang tengah berkonflik.

Mendidik anak merupakan tanggung jawab yang besar dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ilmu agama menjadi dasar yang penting untuk mendidik anak. Di dalam buku Prophetic Parenting, Cara Nabi Mendidik Anak, karya DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, dijelaskan pentingnya tanggung jawab mendidik anak.

Baca juga: Potongan Tembok Rasial Dibawa hingga ke Pusat Kota London

Imam Al-Ghazali mengatakan, “Anak adalah amanat di tangan kedua orang tuanya. Hatinya yang suci adalah mutiara yang masih mentah, belum dipahat maupun dibentuk. Mutiara ini dapat dipahat dalam bentuk apa pun, mudah condong kepada segala sesuatu. Apabila dibiasakan dan diajari dengan kebaikan, maka dia akan tumbuh dalam kebaikan itu. Dampaknya, kedua orang tuanya akan hidup berbahagia di dunia dan di akhirat. Semua orang dapat menjadi guru dan pendidiknya. Namun apabila dibiasakan dengan keburukan dan dilalaikan—seperti dilalaikannya hewan—pasti si anak akan celaka dan binasa. Dosanya akan melilit leher orang yang seharusnya bertanggung jawab atasnya dan menjadi walinya,” (hal. 46).

“Wahai orang tua dan para guru, apabila engkau melemparkan tanggung jawab anak ke tempat penggembalaan dan perkemahan, saya khawatir engkau akan mendapatkan azab berlipat; engkau diazab karena mencemari mutiara yang dimuliakan itu dengan azab yang pedih, kemudian engkau juga akan mendapatkan azab karena ikut ambil bagian dalam kejahatan itu.” (As-Sa’adah Al-‘Uzhma, karya Asy-Syekh Muhammad Al-Khidr Husain rahimahullah, halaman 90)

Oleh karena itu, kita dapati Rasulullah Saw. melimpahkan tanggung jawab pendidikan anak kepada kedua orang tua sebagai tanggung jawab yang sempurna.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pentingnya mendidik anak berdasarkan sunah Rasulullah Saw. Selengkapnya dapat ditemukan sumber yang dipakai atau sumber-sumber valid lainnya. Wallahu’alam. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)