Ensiklopedia Al-Aqsha-Kasih PalestinaAl-Aqsha

Ensiklopedia Al-Aqsha: Luas Kompleks Masjid

 

Kasihpalestina.com – Ayo berkenalan lebih jauh dengan Al-Aqsha, salah satu masjid suci dalam agama Islam. Masjid atau lebih tepatnya kompleks masjid ini, terdiri dari beberapa masjid dan fasilitas lain. Dengan bangunan-bangunan yang ada, berapa sih, luas kompleks masjid tersebut?

Mengenai luas kompleks masjid, terjadi silang pendapat. Akan tetapi, perbedaan ini kembali pada beda pemakaian istilah ukuran dalam menentukan panjang dan lebar suatu objek. Pada zaman dahulu, untuk mengukur panjang suatu objek, bangsa Arab menggunakan istilah dzira’ (hasta).

Panjang satu hasta sama dengan 1,5 kaki menurut Al-Malaki Al-Hasyimi, sedangkan menurut Al-Malaki modern, panjang satu hasta itu mendekati panjang 2 kaki. Bahkan menurut arsitek bangunan abad ke-15 Hijriah, satu hasta sama dengan 2,5 kaki.

Mujiruddin Al-Hanbali pada tahun 920 Hijriah mencoba mengukur luas Al-Aqsha. Hasilnya adalah panjang dari pagar Masjid Qibli di mihrabnya hingga ruwaq utara di pintu Asbat sepanjang 660 hasta, sementara lebarnya dari pagar timur di Pintu Ar-Rahmah hingga ruwaq barat di bawah Madrasah At-Tankaziyah sepanjang 406 hasta. Maka, luasnya adalah 660 x 406 = 267.960 hasta. Pengukuran tersebut dilakukan tanpa mengukur keempat pagar Al-Aqsha, hanya mengukur panjang dan lebar dari tengah masjid.

Baca Juga: Tiga Remaja Kakak Beradik Donasi Masing-masing Rp 10 Juta untuk Al-Aqsha

Sementara itu, pada tahun 1925 Masehi Muhammad Kard Ali mengatakan bahwa panjang sisi barat dari Al-Aqsha 490 meter, sisi timur 474 meter, sisi utara 321 meter, dan sisi selatan 283 meter. Tinggi pagar yang mengelilingi masjid berbeda-beda, sekitar 30-40 meter.

Selain itu, Ad-Dabbagh mengatakan dalam kitabnya terkait Al-Quds; Al-Aqsha yang terdiri dari Masjid Qubbatu Ash-Shakhrah dan bangunan beberapa masjid di dalamnya hingga pagar memiliki luas 140.900 meter persegi. Bentuknya tidak persegi panjang dan tidak pula segi empat sama sisi. Panjang sisi utara 314 meter, sisi timur 466 meter, sisi selatan 281 meter, dan sisi barat 488 meter. Luas keseluruhan mencapai 144.000 meter persegi.

Kompleks masjid yang terletak di Al-Quds (Yerusalem) ini ternyata memiliki luas yang besar. Tidak heran karena adanya sejumlah bangunan lain di dalamnya. Semoga pengetahuan baru ini dapat mendekatkan kita pada masjid suci ketiga tersebut. Aamiin… (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Ensiklopedia Mini Al-Aqsha

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)