Metode Hapal AlQuran ala GazaArtikel

Cari Tahu Yuk, Metode-metode Menghafal Alquran ala Gaza!

Kasihpalestina.com – Jalur Gaza adalah wilayah yang diprediksi tidak layak huni di tahun 2020 mendatang. Ini diakibatkan penjajahan dan pemblokadean yang dilakukan Israel terhadap wilayah tersebut. Akan tetapi, segala keterbatasan yang dirasakan warganya tidak menyurutkan semangat mereka untuk menghafalkan ayat-ayat suci Allah Swt. Kecintaan mereka terhadap kitab suci yang kemudian melahirkan begitu banyak penghafal Alquran.

Di dalam menghafalkan Alquran, Gaza memakai beberapa metode. Dua di antaranya adalah metode “Qiraah wa Tikrar” dan metode komprehensif (dua metode yang digunakan dalam program Daurah Quran ala Gaza oleh Kasih Palestina).

Metode “Qiraah wa Tikrar” adalah metode menghafal satu halaman dengan hasil yang kuat. Cara lain dalam metode ini yakni dengan membaca satu ayat berulang kali hingga hafal. Kemudian, ketika menghafalkan ayat selanjutnya, ayat sebelumnya yang telah berhasil dihafal akan dibacakan kembali bersamaan dengan ayat yang sedang dihafal.

Baca Juga: Kiat Sukses Anak-anak Gaza Menghafal Alquran

Dilansir dari Republika.co.id, menghafalkan dengan metode tersebut telah diterapkan oleh Darul Qur’an Wa Sunnah di Gaza dan menghasilkan banyak penghafal Alquran setiap tahunnya. Di Gaza, metode ini telah digunakan sejak dahulu.

Selain itu, metode kedua yang digunakan adalah metode komprehensif. Di dalam metode ini, proses menghafal Alquran melibatkan aspek visual, audio, dan afektif melalui tadabur.

Itulah sedikit gambaran mengenai cara menghafal Alquran ala Gaza, yang programnya diadakan pula oleh lembaga Kasih Palestina, guna memperkenalkan metode-metode tersebut kepada masyarakat Indonesia. Program Daurah Quran ala Gaza ini menghadirkan para ahli di bidangnya, seperti Ust. Ishaq Munawar, Lc. Dan Ust. Anwar Munasir, Lc.

Ayo bersemangat dalam menghafalkan ayat-ayat suci Alquran, berlomba-lomba dalam kebaikan! Di tengah kesulitan hidup di wilayah pemblokadean, saudara-saudara kita tidak putus harapan dan begitu bersemangat untuk menghafalkan Alquran. Semoga hal tersebut memotivasi kita untuk turut bersemangat atau bahkan melampaui mereka. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)