Sektor Kesehatan di Gaza-Kasih PalestinaBerita

Apa Kabar dengan Sektor Kesehatan di Gaza?

Kasihpalestina.com – Pemblokadean di Jalur Gaza telah menyebabkan keruntuhan di berbagai sektor dan kesulitan bagi warga Palestina di sana. Lembaga www.un.org untuk para pengungsi Palestina, UNRWA, melaporkan bagaimana kondisi salah satu sektor kehidupan di sana yang tengah mengalami krisis, sektor kesehatan.

Dilansir dari laman resmi lembaga tersebut, Unrwa.org, penutupan (wilayah), konflik, dan kemunduran di bidang sosial ekonomi, telah menyebabkan sektor kesehatan di seluruh wilayah di Jalur Gaza mengalami kekurangan infrastruktur fisik yang memadai, dan kesempatan pelatihan. Tantangan-tantangan ini di kemudian hari mengancam kesehatan penduduk, yang sudah berada di ambang batas.

Kerawanan pangan dan kenaikan angka kemiskinan berarti, banyak penduduk yang tidak dapat memenuhi kebutuhan kalori harian mereka, sementara lebih dari 90 persen air di Gaza telah dianggap tidak cocok untuk konsumsi manusia.

Di wilayah-wilayah Jalur Gaza, trauma psikologis, kemiskinan dan degradasi lingkungan telah berdampak buruk terhadap kesehatan jiwa dan fisik penduduk di sana. Banyak dari mereka, termasuk anak-anak, yang menderita gangguan kecemasan, distres, dan depresi.

Baca juga: Pilar-pilar Kokoh Palestina Hancur di Tangan Zionis Israel

Besarnya tekanan hidup di Gaza, membuat anak-anak juga mengalami ketakutan akan kekerasan, sulit tidur (insomnia), kekurangan motivasi di sekolah atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Gaza dalam Angka (Sektor Kesehatan)

1. Rehabilitasi Fisik

  • Pasien trauma: 3.691 orang
  • Pasien non trauma: 7.654 orang2. Pasien Non Komunikasi (Non-Communicale Disease (NCD)) yang Terdaftar di UNRWA
  • Jumlah keseluruhan: 60.900 orang.
  • Diabetes mellitus tipe I: 1.050 orang,
  • Diabetes mellitus tipe II: 11.365 orang,
  • Hipertensi: 30.786 orang,
  • Diabetes mellitus dan hipertensi: 21.699 orang.

Di Hari Kesehatan Nasional ini (12/11), semoga kondisi (sektor) kesehatan baik di Jalur Gaza secara khusus, Palestina, maupun Indonesia, dapat terus bergerak ke arah yang lebih baik. Mengingat pentingnya sektor kesehatan bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Semoga bermanfaat. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)

 

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita