Gerbang Kerem Shalom-Kasih PalestinaBerita

Pemukim Ilegal Isreal Cegah Masuknya Barang-barang ke Gaza

Kasihpalestina.com – Warga Palestina di Gaza kembali menjadi sasaran penjajah. Kali ini, para pemukim ilegal Israel yang menutup sebuah jalan menuju perbatasan utama Jalur Gaza. Hal itu dilakukan demi mencegah masuknya barang-barang le daerah pemblokadean tersebut, dilansir dari Presstv.com.

Puluhan pemukim Israel mencegah truk-truk muatan barang yang mencoba masuk ke Gaza, melalui gerbang Kerem Shalom pada hari Senin (29/10). Mereka juga memegang poster dan menyanyikan slogan anti Palestina.

Perbatasan Kerem Shalom yang berada di antara Jalur Gaza bagian selatan dan wilayah pendudukan merupakan pintu masuk utama wilayah Gaza untuk barang-barang dan perdagangan. Rezim Israel telah secara rutin menutup perbatasan tersebut, melarang masuknya kebutuhan kemanusiaan dan barang-barang lainnya ke daerah pemblokadean.

Mundur ke bulan Juli lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan penutupan perbatasan Kerem Shalom. Juga pada bulan Agustus, Israel memperketat blokade panjangnya di wilayah tersebut dengan menutup pintu penyeberangan untuk pejalan kaki.

Jalur Gaza telah berada di bawah pemblokadean sejak 2007 dan menyaksikan tiga perang sejak 2008.

Baca juga: Mladenov: Gaza Bisa Meledak Sebentar Lagi!

Kelompok Perlawanan Palestina, Hamas, mengatakan bahwa blokade Israel setara dengan sebuah kejahatan kemanusiaan, dan memanggil seluruh masyarakat internasional untuk segera membantu.

Mesir, salah satu dari dua negara Arab yang memiliki hubungan terbuka dengan Israel, telah memblokade sisa wilayah Gaza, termasuk dengan menutup pintu perbatasan Rafah.

Lebih dari 200 warga Palestina sejauh ini telah dibunuh dan lebih dari 20 ribu warga lainnya terluka akibat serangan Israel di perbatasan Gaza sejak akhir Maret lalu. Aksi yang dimaksudkan warga untuk menuntut pencabutan blokade dan hak pulang para pengungsi, dilakukan secara damai. Akan tetapi, penjajah Israel menanggapinya dengan brutal. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)