Mladenov: Gaza Bisa Meledak Sebentar Lagi- Kasih PalestinaBerita

Mladenov: Gaza Bisa Meledak Sebentar Lagi!

Kasihpalestina.com – Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Nickolay Mladenov, mengungkapkan status Gaza dalam laporan bulanannya ke Dewan Keamanan PBB di pertemuan Timur Tengah, pada Kamis (18/10).

Penyampaian laporan tersebut di luar “bahasa” melaporkan informasi dan data, melainkan “bahasa” memohon dan mendesak, ketika ia mengungkapkan situasi darurat yang tengah dihadapi di wilayah begitu menyedihkan, “Gaza bisa meledak sebentar lagi.”

Dirinya tidak mengabaikan pokok permasalahannya, yang terletak pada kerugian yang disebabkan pemblokadean penjajah terhadap wilayah Gaza, meski tidak secara implisit menyatakan hal tersebut.

Baca juga: SEJAK 2010, SEBANYAK 32 WARGA GAZA MENINGGAL AKIBAT KRISIS LISTRIK

Bagaimanapun, ia memanggil Israel untuk memulihkan pengiriman persediaan darurat ke Gaza dan meningkatkan pergerakan akses makanan, warga, dan “berlatih” menahan diri dari penggunaan peluru (jenis live ammunition), ketika berhadapan dengan demonstran yang tak bersenjata di perbatasan bagian timur.

Mladenov mengatakan bahwa warga Palestina berhak mendapatkan kesempatan untuk memperoleh kembali martabat mereka, dan untuk membangun masa depan mereka yang lebih baik, menandai bahwa mereka pantas memperoleh hak menentukan nasib sendiri dan dipimpin oleh institusi yang terpilih secara demokratis.

Saat ini, wilayah Jalur Gaza dinilai oleh PBB akan menjadi tempat tak layak huni, akibat krisis kehidupan yang berlangsung di sana. Buruknya kondisi Gaza tak lain dikarenakan blokade panjang (kurang lebih 12 tahun) yang dilakukan penjajah Israel terhadap wilayah tersebut. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Days of Palestine

Rek. Donasi:
Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)