Musim Dingin-Kasih PalestinaArtikel

Bertahan Hadapi Musim Dingin di Tenda Pengungsian Palestina

Kasih Palestina.com – Hidup dalam pengungsian bukanlah hal yang mudah. Setiap hari, mereka dihantui oleh ancaman serangan yang dapat terjadi kapan saja, berbagai krisis menimpa mereka mulai dari krisis air, listrik, bidang kesehatan dan krisis lainnya.

Menjelang Musim Dingin

Tak terasa akhir tahun akan segera tiba, dan bersamaan dengan itu musim dingin akan kembali datang. Suhu di bumi Syam akan terus menurun  dan semakin dingin, angin bertiup menghembuskan udara dingin yang bahkan dapat membekukan tubuh, keadaan ini akan terus memburuk menjelang penghujung tahun. Suhu saat musim dingin di Palestina dapat mencapai 10 derajat dan akan terus menurun bahkan mencapai suhu minus derajat celcius.

Musim Dingin-Kasih Palestina
Keterangan Gambar : Suasana musim dingin di kamp. Pengungsian Palestina di Suriah. Foto : UNHCR

Tinggal didalam tenda seadanya, kurangnya pasokan air bersih, tidak adanya listrik, dan makanan yang cukup, hanya ada tungku perapian sederhana untuk menghangatkan diri mereka. Jangan tanya apakah mereka mampu membeli pakaian hangat dan selimut, hanya untuk bertahan hidup saja mereka harus berjuang di tegah keterbatasan.

Musim Dingin Tahun Ini akan Semakin Berat

Musim dingin di kamp pengungsian Palestina kali ini akan semakin berat dari tahun-tahun sebelumnya. Baru-baru ini, AS (Amerika Serikat) menghentikan segala bentuk bantuan pendanaan untuk badan pengungsian Palestina PBB, UNRWA.

UNRWA adalah lembaga PBB yang khusus menangani permasalahan pengungsi Palestina, termasuk bantuan makanan dan kebutuhan dasar lainnya. Dilansir dari bbc.com, AS merupakan donatur terbesar untuk UNRWA, dengan nilai $368 juta (sekiar Rp5,2 triliun ) pada tahun 2016, yang mencakup hampir 30% dari dana operasi UNRWA di wilayah tersebut.

UNRWA-Kasih Palestina
Keterangan Gambar : Amerika Menghentikan Bantuan untuk UNRWA Pengungsi Palestina

Selama ini UNRWA telah menyokong kehidupan sebagian besar bagi warga Palestina yang hidup dalam tenda pengungsian, penghentian dana bantuan dari AS tentu akan berdampak besar bagi para pengungsi Palestina, ditambah lagi kini mereka tengah bersiap untuk menghadapi musim dingin yang akan segera tiba.

Hangatkan Kembali Musim Dingin di Palestina

Penyaluran Musim Dingin-Kasih Palestina
Keterangan Foto : Penyaluran donasi Journey of Empathy, Maret 2018

Tepatnya Kamis, Maret 2018, penyaluran dalam tajuk Journy of Empaty, Lukman Hakim sebagai ketua tim penyaluran memberikan bantuan langsung kepada pengungsi Palestina di kamp pengungsian Kilis, Turki.


Bantuan berupa paket penghangat yang berisi selimut, pakaian hangat, alat penghangat ruangan, dan paket sembako untuk kebutuhan sehari-hari.

Penyaluran program Winter Aid-Kasih Palestina 2017
Keterangan Foto : Penyaluran program Winter Aid-Kasih Palestina 2017

Tahun 2017 lalu, Kasih Palestina juga telah menyalurkan bantuan berupa pakaian hangat, selimut, dan perbekalan berupa makanan dan bahan pokok lainnya bagi para pengungsi Palestina untuk menghadapi musim dingin. Bersama Kasih Palestina, mari bantu kembali warga Palestina di pengungsian untuk menghadapi musim dingin yang akan segera tiba.

Salurkan Donasi terbaik Anda untuk Hangatkan Palestina, melalui:

Rek Donasi:
Bank Syariah Mandiri, No. Rek 1001 2016 2 6 a.n KASIH PALESTINA.

Untuk konfirmasi dan info lebih lanjut, hubungi:
Call/SMS: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)

Semoga keberkahan bumi Palestina senantiasa menyertai keseharian kita (Kasihpalestina.com)