Kasihpalestina.com – Hampir 1.000 orang menghadiri peluncuran festival tahunan Palestine Cinema Days di Istana Kebudayaan, Ramallah, Tepi Barat, pada hari Rabu lalu, dilansir dari Middleeastmonitor.com.

Festival yang diadakan untuk kelima kalinya ini dilaksanakan di Ramallah, Betlehem, Yerusalem, Nablus dan Gaza pada tanggal 17-23 Oktober, dengan lebih dari 60 film dari para pembuat film asal Palestina, Arab dan internasional. Dua film nominasi Oscar juga ditayangkan selama festival tujuh hari tersebut.

“Kami percaya bahwa perfilman adalah alat yang penting untuk mengangkat suara kami sebagai warga yang hidup di bawah pendudukan dan untuk mengangkat seluruh suara warga Palestina di barak-barak pengungsian mana pun mereka berada,” ucap juru bicara Palestine Cinema Days, Khulood Badawi.

Angkat Kembali Budaya Perfilman, Palestina Selenggarakan Festival Tahunan Kelima
Keterangan Foto : Angkat Kembali Budaya Perfilman, Palestina Selenggarakan Festival Tahunan Kelima. Keterangan foto: juru bicara festival, Khulood Badawi. (Sumber. Middle East Monitor)

Ia menambahkan bahwa festival tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya perfilman di Palestina dan mendorong pembuatan film-film Palestina.

Festival yang dibuat oleh Filmlab Palestine pada tahun 2014 ini, diharapkan dapat menaikkan semangat warga Palestina dalam menghadapi kesulitan dan pendudukan, juga untuk menempatkan Palestina dalam peta perfilman internasional melalui program unik penayangan-penayangan film internasional yang terkenal, bersamaan dengan diskusi panel, lokakarya film terkenal serta peluang jaringan untuk para calon sutradara film dan aktor.

Festival tahun ini bertepatan dengan peringatan 70 tahun Nakba, pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke Yerusalem, juga pemotongan dana bantuan untuk UNRWA, lembaga PBB yang membantu para pengungsi Palestina.

Angkat Kembali Budaya Perfilman, Palestina Selenggarakan Festival Tahunan Kelima
Keterangan foto: Para partisipan di acara peluncuran festival di Ramallah, Tepi Barat, Palestina. (Sumber. Middle East Monitor)
Angkat Kembali Budaya Perfilman, Palestina Selenggarakan Festival Tahunan Kelima
Keterangan foto: Para partisipan di acara peluncuran festival di Ramallah, Tepi Barat, Palestina. (Sumber. Middle East Monitor)

Para penyelenggara melihat festival ini sebagai alat untuk memperkuat suara warga Palestina sehubungan dengan upaya AS mengurangi hak fundamental warga Palestina untuk pulang dan hak dasar mereka untuk kebebasan dan martabat.

Badawi mengatakan bahwa festival diluncurkan di Ramallah sebagai bentuk penentangan terhadap Yerusalem, karena kebanyakan para penonton di Tepi Barat dan Gaza tidak mampu menghadiri festival di Yerusalem. Ini berarti bahwa pelarangan aktivitas di Palestina dan kesulitan warga Palestina yang sudah dihadapi selama puluhan tahun, sebagai akibat dari pendudukan Israel.

Baca juga: SELAMA 200 HARI AKSI KEPULANGAN AKBAR, ZIONIS BUNUH 1 ORANG SETIAP HARINYA

“Berharap suatu hari nanti,” dia melanjutkan, “ketika kami bebas, pembukaan/peluncuran akan dilakukan di Yerusalem, ibu kota dari Palestina, dan kami berharap dapat melanjutkan untuk kesuksesan yang lebih dan lebih lagi.” (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi:
Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina.
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)