Kasihpalestina.com – Pada dua bagian pembahasan awal terkait situs-situs suci yang berada di kompleks Masjid Al-Aqsha, telah dibahas tentang: pintu, menara, tempat salat/musala, kubah, madrasah, lorong, dan lengkung. Kali ini, edisi ensiklopedia akan membahas lima situs lain yang berada di kompleks masjid.

  • Sabil(Tempat Wudu dan Air Bersih)

Sabil adalah tempat wudu dan air yang bersih yang terdapat di berbagai tempat umum, perkampungan, pojok-pojok masjid, kuburan atau yang dekat dengan tempat-tempat tersebut. Saat ini, ada 14 saluran air di kompleks Masjid Al-Aqsha: Sabil Al-Ka’s, Sabil Sya’lan, Sabil Al-Bashiri, Sabil Qaitbay, Sabil Qasim Basya, Sabil Sulaiman, Sabil Syekh Al-Budairi, Sabil Pintu Magharibahm Sabil Pintu Hithah, Birkah An-Narinja, Shahrij (tangki air) Al-Malik Isa, Sabil Mimbar Burhanuddin, Sabil Az-Zaitunah, dan Sabil Ar-Rahmah.

Ada Apa Aja sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian Terakhir)-Palestine Update
Keterangan foto: Sabil Ar-Rahmah, Masjid Al-Aqsha. (Sumber. Aspac Palestine)
  • Bi’r(Sumur)

Di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha terdapat 25 sumur air (tempat penampungan air di bawah tanah), yang dapat memenuhi kebutuhan air seluruh penduduk Yerusalem (Al-Quds) bukan hanya untuk keperluan salat di Masjid Al-Aqsha. Berikut 25 lokasi sumur di dalam kompleks masjid: menara pintu Asbat, madrasah Al-Ghadiriyah, pintu Hittah, Baikah Syamaliyah Syarqiyah (lengkung timur laut), madrasah Al-As’ardiyah, Al-Ghawanimah, pintu An-Nazir, Ibrahim Ar-Rumy, musala Sya’lan, Baikah Gharbiyah Syamaliyah (lengkung barat laut), Sabil Qaitbay, bagian timur pintu Magharibah, bagian barat Sabil Ka’s, bagian selatan Baikah Janubiyah (lengkung selatan), bagian timur Masjid Umar, Al-Waraqah, bagian timur laut Baikah Syarqiyah (lengkung timur), bagian barat laut Baikah Syarqiyah (lengkung timur), bagian utara Baikah Syarqiyah (lengkung timur), bagian barat kubah Al-Arwah, Al-Khalili, bagian utara Baikah Gharbiyah (lengkung barat), Ar-Ramanah, bagian barat laut pelataran Ash-Shakhrah, dan bagian barat pintu At-Taubah.

Ada Apa Aja sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian Terakhir)-Kasih Palestina
Keterangan foto: salah satu sumur yang berada di kompleks Masjid Al-Aqsha. (Sumber. Aspac Palestine)
  • Mihrab

Adalah Dinding yang berbentuk ceruk, berfungsi sebagai arah kiblat. Biasanya, mihrab terdapat di dalam masjid bagian depan. Selain mihrab yang berada di dalam tempat salat, ada juga mihrab di pelataran masjid (luar bangunan). Enam mihrab yang berada di dalam kompleks masjid: Mihrab Zakaria, Mihrab Daud, Mihrab di pagar timur Masjid Al-Aqsha, Mihrab di lengkung barat daya, Mihrab Ardhi, dan Mihrab di pelataran Ash-Shakhrah.

Ada Apa Aja sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian Terakhir)
Keterangan foto: Mihrab Daud, kompleks Masjid Al-Aqsha. (Sumber. Aspac Palestine)
  • Mashthabah(Teras Batu)

Kata mashthabah secara bahasa berarti teras batu. Mashthabah yang berada di Masjid Al-Aqsha adalah pelataran datar yang biasanya terbuat dari batu, tingginya tidak mencapai satu meter, untuk menaikinya diperlukan beberapa tangga (undak-undak), dan berfungsi untuk talaqqi (menuntut ilmu). Biasanya, terdapat mihrab berbentuk rongga di depan teras batu, sebagai penentu arah kiblat. Di kompleks ini terdapat lebih dari 40 buah mushthabah, di mana dua di antaranya dibangun pada masa moderen.

Ada Apa Aja sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian Terakhir)
Keterangan foto: Masthabah Al-Bashiri, kompleks Masjid Al-Aqsha (Sumber. Aspac Palestine)
  • Mimbar

Mimbar berfungsi sebagai tempat untuk khatib menyampaikan khotbah. Mimbar yang berada di Masjid Al-Aqsha ada dua, yakni Mimbar Nuruddin dan Burhanuddin.

Ada Apa Aja sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian Terakhir)-Kasih Palestina
Keterangan foto: Mimbar Nurrudin, Masjid Al-Aqsha. (Sumber. Google)

Itulah akhir dari sesi ensiklopedia mengenai situs-situs suci yang berada di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Dua bagian sebelumnya dapat dilihat di :

ADA APA AJA SIH, DI DALAM KOMPLEKS MASJID AL-AQSHA? (BAGIAN 1)  dan

ADA APA AJA SIH, DI DALAM KOMPLEKS MASJID AL-AQSHA? (BAGIAN 2)   (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi:

Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina.
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)