PCBS: 89 Persen Air di Gaza Tidak Aman Diminum-Kasih PalestinaBerita

89 Persen Warga Gaza Tak Miliki Akses Air Minum Layak Konsumsi

Kasihpalestina.com – Sekitar 89 persen populasi di Gaza tidak memiliki akses untuk air minum yang aman dikonsumsi. Hal tersebut diumumkan oleh Biro Statistik Pusat Palestina (Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS) pada Selasa (2/10).

Dilansir dari Daysofpalestine.com, menurut laporan, PCBS mengatakan bahwa hanya 11 persen keluarga Palestina di Gaza yang memiliki akses untuk sumber air minum yang aman, dibandingkan dengan Tepi Barat yang mencapai angka 95 persen.

Otoritas Air Palestina belum lama ini menemukan bahwa 95 persen air minum di Jalur Gaza tidak memenuhi standar lembaga kesehatan dunia (World Health Organisation (WHO)).

Tindakan-tindakan memberatkan yang dilakukan Presiden Otoritas Palestina (Palestinian Authority (PA)) Mahmoud Abbas di Gaza, dinilai sebagai salah satu alasan utama memburuknya situasi di Gaza.

Baca juga: ADA APA AJA SIH, DI DALAM KOMPLEKS MASJID AL-AQSHA? (BAGIAN TERAKHIR)

Pada tahun 2017, Abbas menerapkan sejumlah tindakan di Jalur Gaza sebagai upaya menekan warganya untuk bertentangan dengan pemerintah Hamas. Langkah-langkah tersebut termasuk mengurangi separuh gaji pegawai umum, memaksa ribuan pegawai pensiun dini dan menghentikan pembayaran untuk bantuan listrik di Jalur Gaza.

Statistik PCBS menunjukkan bahwa populasi warga Palestina di wilayah pendudukan, termasuk Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem sebesar 4.705.601 di tahun 2017. 77 persen dari mereka tinggal di area perkotaan, 15 persen di daerah pinggiran dan delapan persen di barak pengungsian. Statistik juga menunjukkan bahwa tujuh persen hidurp di rumah-rumah, di mana 3 orang atau lebih berbagi satu ruangan. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi:

Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina.
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)