Ketika Krisis Air Gerogoti Jalur GazaBerita

Ketika Krisis Air Gerogoti Jalur Gaza

 

 Ketika Krisis Air Gerogoti Jalur Gaza

Sumber. Google (ilustrasi)

Kasihpalestina.com – Ketika kita minum air mineral hari ini, sudahkah kita bersyukur? Bayangkan bila air itu tidak ada untuk menghilangkan dahaga kita. Karena di luar sana, warga Gaza kesulitan untuk itu bahkan bukan hanya kebutuhan akan air minum.

Dilansir dari Melayupalinfo.com, terputusnya pasokan air dalam waktu lama telah membuat khawatir badan pengelola air di sejumlah distrik di Gaza. Tidak hanya itu, menyusul juga pasokan solar sebagai pembangkit mesin air untuk mengalirkannya ke sejumlah rumah penduduk yang habis.

Disebutkan bahwa kebutuhan listrik pemompa air untuk kebutuhan konsumsi kesehatan dan warga tidak terpenuhi, yang semestinya di luar konteks keamanan atau rekomendasi teknis.

Memburuknya krisis listrik di Jalur Gaza, juga habisnya solar sebagai bahan bakar untuk mengalirkan air dan konsumsi kesehatan – terutama setelah berakhirnya donasi dari OCHA – tentu akan sangat mempengaruhi jumlah minimal pasokan air yang dibutuhkan.

Kondisi tersebut akan mengakibatkan krisis dan tantangan besar bagi kehidupan warga secara langsung, menyusul mundurnya kewenangan otoritas air dan pemerintahan daerah, dalam hal penampungan dan retribusi air kebutuhan kesehatan.

Baca juga: LATIH KEBEBASAN BERESKPRESI DI PALESTINA, MADA ADAKAN KOMPETISI “PERADILAN SEMU”

Dijelaskan bahwa jumlah minimal pasokan air untuk memenuhi kebutuhan, tergantung pada bahan bakar diesel yang berkisar 250 ribu liter per bulan, ditambah dengan 150 ribu liter per bulan untuk air kebutuhan kesehatan. Maka, jumlah keseluruhan untuk listrik di Gaza mencapai 400 ribu liter per bulannya.

Sementara itu, sebagian besar sumur hanya bekerja selama 8 jam per hari, 6 jam dengan genset. Akibatnya, wilayah Gaza kekurangan 40 persen untuk kebutuhan normal setiap bulannya.

Setiap kali krisis menimpa suatu sektor kehidupan, seperti efek domino, itu akan mempengaruhi sektor lainnya. Salah satunya seperti yang terjadi di sektor listrik, yang mempengaruhi sektor air karena krisis yang dialaminya. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lebih lanjut): 08123 2011 55