Ada Apa Aja Sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian 2)

Keterangan foto: kompleks Masjid Al-Aqsha. (Sumber. Aljazeera)

Kasihpalestina.com – Pada bagian pertama, telah dibahas mengenai pintu, menara, tempat salat dan menara, yang ada di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Maka, ensiklopedia pekan ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai situs-situs yang berada di dalam kompleks masjid.

Madrasah (Sekolah)

Madrasah merupakan salah satu unsur penting untuk gerakan perkembangan intelektual masyarakat. Gerakan ini menyebar ke berbagai negeri hingga ke dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Pembangunan tempat pendidikan (madrasah) ini sudah dimulai sejak masa pemerintahan Ayyubiyah, dan mulai berkembang pada masa Mameluk dan Utsmaniyah.

Di dalam kompleks masjid, terdapat 12 madrasah, sebagian masih berfungsi sebagai tempat pendidikan sementara sebagian lain sudah beralih fungsi. Berikut nama-nama madrasah tersebut: Madaris wa Riyadhu Al-Aqsha Al-Islamiyah, Madrasah Tsanawiyah Al-Aqsha Asy-Syar’iyah, Madrasah Al-Ghadiriyah, Madrasah Al-Basithiyah, Madrasah Al-Aminiyah, Madrasah Al-Farisiyah, Madrasah Al-Malakiyah, Madrasah Al-As’ardiyah, Madrasah Al-Manjakiyah, Madrasah Al-Utsmaniyah, Madrasah Al-Asyrafiyah dan Madrasah At-Tankaziyah.

  • Madrasah At-Tankaziyah

http://kasihpalestina.com/2018/09/ada-apa-aja-sih-di-dalam-kompleks-masjid-al-aqsha-bagian-1/
Keterangan foto: Madrasah At-Tankaziyah, kompleks Masjid Al-Aqsha (Sumber. Aspac Palestine)

Pada tahun 1969 Masehi, penjajah Zionis Israel menyita madrasah ini dan mengubahnya menjadi pos militer perbatasan. Karena posisinya berada di dekat Dinding Al-Buraq (kini dijadikan tempat ibadah orang Yahudi), mereka mengambil alih  bangunan sekaligus guna mengamati pergerakan kaum Muslim di Masjid Al-Aqsha.

Di bawah madrasah ini terdapat terowongan bawah tanah yang dibangun oleh Zionis, yakni Hasymunaim yang dibuka secara resmi pada tahun 1996 Masehi. Permulaan terowongan dari arah Dinding Al-Buraq menuju arah utara pada sisi barat pagar masjid, tepatnya di Madrasah Al-Umariyah, dari sini terowongan dibagi ke berbagai cabang.

Pada tahun 2006, Presiden Israel Moshe Katsav membuka sinagog secara resmi di salah satu terowongan di bawah Madrasah At-Tankaziyah, yang berimpitan langsung dengan Dinding Al-Buraq.

Ruwaq (Lorong)

Ruwaq merupakan jalan panjang yang terletak antara dua barisan tiang. Fungsinya adalah untuk membantu jemaah yang akan melaksanakan salat di Masjid Al-Aqsha dengan melewati jalan ini, sehingga terhindar dari panasnya sinar matahari atau cuaca buruk lainnya.

Secara umum, terdapat dua ruwaq: Ruwaq Syamali dan Ruwaq Gharbi. Walaupun ada salah seorang pelancong dunia bernama Nashir Khasru mengatakan telah menemukan Ruwaq Syarqi Qadim (lorong timur kuno) di pagar timur Masjid Al-Aqsha pada masa Fathimiyah, namun ruwaq ini tidak terlihat peninggalannya.

Baikah (Lengkung)

Baikah berarti lengkungan bagaikan pintu gerbang menuju pelataran Qubbatu Ash-Shakrah. Karena letak masjid berada pada tempat yang paling tinggi di kawasan Masjid Al-Aqsha, untuk menuju ke sana harus melewati tangga. Para budayawan dan seniman Muslim zaman pemerintahan Islam dahulu tidak meninggalkan dan membiarkan tangga menuju kubah ini begitu saja, tapi mereka membangunkan bangunan berbentuk lengkung (baikah) setelah menaiki anak tangga.

Berikut delapan lengkung yang berada di Al-Aqsha: Baikah Syamaliyah (Lengkung Utara), Baikah Syamaliyah Syarqiyah (Lengkung Timur Laut), Baikah Syarqiyah (Lengkung Timur), Baikah Janubiyah Syarqiyah (Lengkung Tenggara), Baikah Janubiyah (Lengkung Selatan), Baikah Janubiyah Gharbiyah (Lengkung Barat Daya), Baikah Gharbiyah (Lengkung Barat), dan Baikah Syamaliyah Gharbiyah (Lengkung Barat Laut).

Baca juga: ADA APA AJA SIH, DI DALAM KOMPLEKS MASJID AL-AQSHA? (BAGIAN 1)

Itulah beberapa situs lain yang ada di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Masih penasaran dengan situs-situs yang ada di kompleks masjid? Tunggu edisi ensiklopedia selanjutnya. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lebih lanjut): 08123 2011 55