Ada Apa Aja Sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian 1)Al-Aqsha

Ada Apa Aja Sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian 1)

 

Ada Apa Aja Sih, di Dalam Kompleks Masjid Al-Aqsha? (Bagian 1)

Keterangan foto: kompleks masjid Al-Aqsha, Al-Quds (Yerusalem), Palestina. (Sumber. Aqsa Working Group)

Kasihpalestina.com – Masih ada yang beranggapan bahwa Al-Aqsha hanyalah sebuah bangunan masjid, namun sebenarnya Al-Aqsha adalah sebuah kompleks masjid yang terdiri dari beberapa masjid dan musala termasuk dua yang terkenal: Masjid Qibli dan Masjid Qubbatu As-Shakrah. Edisi ensiklopedia pekan ini akan dibahas mengenai situs-situs yang berada di kompleks masjid, bagian pertama. Check this out!

Dilansir dari Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha karya tim Aspac for Palestine, terdapat sejumlah di Al-Aqsha yakni pintu-pintu, menara-menara, tempat salat, kubah-kubah, sekolah (madrasah), lorong (ruwaq), lengkung (baikah), tempat wudu dan air bersih (sabil), sumur (bi’r), mihrab, teras batu (masthabah), dan mimbar.

Pintu-pintu di Kompleks Masjid

Terdapat 15 pintu masuk di kompleks masjid, namun yang masih terbuka sampat saat ini adalah sepuluh pintu sementara lima lainnya sudah ditutup dengan alasan keamanan. Pintu-pintu yang tertutup inilah yang berbatasan langsung dengan kota suci Al-Quds.

Beberapa pintu berada di pagar kota Al-Quds dan pintu lainnya berada di pagar Masjid Al-Aqsha. Pintu-pintu itu terdapat di sebelah timur dan selatan masjid. Pintu-pintu tersebut adalah Al-Asbat, Hittah, Al-Atam, Al-Gawanimah, An-Nazir, Al-Hadid, Al-Qatanin, Al-Mitharah, As-Silsilah, Al-Magharibah, Al-Janaiz, Ar-Rahmah & At-Taubah, Ats-Tsulatsi, Al-Muzdawij dan Al-Munfarid. Salah satu di antaranya akan sedikit dibahas:

Pintu Al-Asbat (Al-Asbat Gate)

Pintu ini terletak di sebelah utara paling kiri Masjid Al-Aqsha. Pada pojok pintu bagian dalam terdapat tangga yang terhubung langsung ke lorong utara, sedangkan pintu bagian luar masjid berbentuk persegi panjang melengkung yang runcing, dengan lebar sekitar 2 meter dan tinggi 4 meter. Pintu mempunyai dua daun pintu yang terbuat dari kayu. Salah satu dari daun pintu terdapat pintu kecil, yang memungkinkan keluar-masuk satu orang.

Menara-menara di Kompleks Masjid 

Maksud dari menara di sini adalah tempat yang dikhususkan untuk melakukan azan (panggilan salat). Akan tetapi dalam sejarah pada zaman nabi, tidak ada bangunan khusus tersebut. Yang ada adalah sahabat Bilal bin Rabah ketika menyerukan azan, naik ke tempat yang lebih tinggi agar suaranya terdengar jauh.

Struktur bangunan menara terdiri dari fondasi, badan menara, balkon, kubah dan tangga menuju ke atas. Struktur fondasi ada yang berbentuk persegi empat, silinder atau kerucut. Balkon difungsikan sebagai tempat orang melakukan panggilan azan. Saat ini, muazin tidak perlu naik ke atas menara karena sudah ada pengeras suara.

Terdapat empat menara di kompleks Masjid Al-Aqsha: menara pintu Al-Magharibah, As-Silsilah, Al-Ghawanimah dan Al-Asbat.

Tempat Salat (Masjid/Musala) di Kompleks Masjid

Keseluruhan tempat yang berada di kompleks masjid disebut Al-Aqsha, meskipun tempat tersebut tidak beratap. Tidak semua kawasan di sana beratap. Setiap orang yang salat di sudut-sudut masjid  tetap mendapatkan pahal lebih banyak dibanding tempat lain.

Masjid-masjid dan musala yang berada di sana adalah Masjid Al-Qibli, Masjid Qubbatu As-Shakhrah, Masjid Al-Aqsha Al-Qadim, Masjid Al-Buraq, Masjid Al-Magharibah, Masjid An-Nisa’ dan Musala Al-Marwani.

Kubah-kubah di Kompleks Masjid

Kubah adalah bangunan setengah bentuk bola yang diletakkan di atas atap. Kubah berfungsi sebagai tempat pengajaran, tempat ibadah, iktikaf atau untuk memperingati sesuatu. Saat ini di Al-Aqsha, kubah dijadikan sebagai kantor Urusan Wakaf Islam, tempat pengadilan syariah dan tempat pengajaran Alquran dan hadis. Berikut kubah-kubah yang ada di Al-Aqsa:

  • Kubah yang dibangun pada masa Bani Umayyah: Ash-Shakhrah dan  As-Silsilah.
  • Kubah yang dibangun pada masa Ayyubiyah: Al-Mikraj, An-Nahwiyah, Musa dan Sulaiman.
  • Kubah yang dibangun pada masa Mameluk: Al-Mizan, An-Nabi, Al-Arwah, Al-Khidhr, Yusuf Agha, Yusuf, ‘Usysyaq An-Nabi, Mahdi Isa dan Syekh Al-Khalily.

Baca juga: KRISIS DAPAT MEMBURUK, APABILA UNRWA KEKURANGAN DANA

Berikut beberapa penjelasan mengenai situs-situs yang ada di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Sampai berjumpa di edisi ensiklopedia pekan depan, dengan lanjutan dari situs-situs yang ada di Al-Aqsha. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lebih lanjut): 08123 2011 55