Tokoh Teater dan Film Inggris Kecam Penghancuran Pusat Kebudayaan Gaza

Keterangan foto: Sebuah lukisan diperlihatkan selama pameran yang diselenggarakan oleh sekelompok seniman Palestina, setelah tentara Israel melakukan serangan udara ke area Art and Craft Village di Kota Gaza, pada 16 Juli 2018. (Sumber. Middle East Monitor)

 

Kasihpalestina.com – Serangan belum lama ini yang dilakukan Israel terhadap Gaza dan menghancurkan sejumlah bangunan termasuk Pusat Kebudayaan Said Al-Mishal, telah mengundang kecaman dari sejumlah tokoh film dan teater di Inggris.

Melansir dari Middleeastmonitor.com, pekan kemarin 14 orang yang terdiri dari penulis naskah drama dan sutradara Inggris, termasuk Phyllida Lloyd, Rufus Norris, direktur Teater Nasional, dan Vicky Featherstone, direktur artistik Teater Royal Court, menandatangani sebuah surat di Guardian mengecam penghancuran tersebut.

“Sejak pembukaannya pada 2004, Al-Mishal telah dijadikan sebagai rumah bagi ratusan penampilan, perayaan, pameran, pertunjukan musik dan perayaan nasional. Ini adalah tempat pilihan untuk perusahaan-perusahaan teater di Gaza dan ruang untuk pertunjukan musikal atas Gaza,” tulisnya. “Pusat kebudayaan itu juga meliputi kegiatan rekreasi untuk anak-anak yang terkena dampak tiga perang berturut-turut di Gaza, termasuk sekolah dabke pertama untuk 250 anak. Ini adalah kerugian besar bagi wilayah yang sudah terisolasi.”

Baca juga: BOCAH 8 TAHUN BERIKAN CELENGANNYA UNTUK PALESTINA KEPADA SYEKH MURAWEH

Para peserta penanda-tangan sangat terkejut bahwa serangan tidak dilaporkan secara meluas di pers Inggris. Mereka juga menawarkan dukungan kepada para teman dan kolega yang menggambarkan kemarahan besar mereka dan duka mendalam, atas hilangnya simbol identitas serta budaya Palestina tersebut.

Majalah Hollywood Reporter mencatat bagaimana pusat kebudayaan tersebut merupakan teater terbesar kedua di wilayah itu.

Pada 9 Agustus lalu, jet-jet Israel menghancurkan pusat kebudayaan dengan 10 misil, menumbangkan bangunan tersebut. Meski begitu, tentara mengklaim bahwa bangunan itu merupakan target militer. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lebih lanjut): 08123 2011 55