Sekilas Sejarah: Perlawanan (Intifadhah) Pertama di PalestinaArtikel

Sekilas Sejarah: Perlawanan (Intifadhah) Pertama di Palestina

Kasihpalestina.com – Istilah “Intifadhah” begitu terkenal dan berkaitan dengan isu kepalestinaan. Intifadhah atau perlawanan oleh rakyat pertama kali terjadi di Palestina pada tahun 1987.  Selengkapnya akan dibahas sekilas mengenai Perlawanan Pertama di Palestina.

Dilansir dari Ensiklopedia Palestina Bergambar karya Dr. Thariq As-Suwaidan, perlawanan pertama di Palestina disebabkan oleh enam poin berikut.

  1. Strategi penumpasan yang diterapkan pemerintah pendudukan Israel setelah mereka menduduki Lebanon selatan, juga strategi penghancuran rumah, pengusiran, penangkapan secara sewenang-wenang, dan penyingkiran.
  2. Keputusan Zionis Israel untuk menggabungkan wilayah Tepi Barat dan Gaza ke dalam eksistensi Zionis secara ekonomi, sehingga kedua wilayah tersebut menjadi pasar dari produk-produk Israel.
  3. Mengaitkan kebutuhan warga Palestina dengan pekerjaan di lingkungan Israel, sehingga banyak buruh Palestina yang terpaksa bekerja sebagai pegawai di sejumlah kota dan pemukiman Israel, disebabkan tekanan kemiskinan, sedikitnya lowongan pekerjaan, dan tingginya angka pengangguran.
  4. Kelompok ekstremis Yahudi terus berkembangm banyaknya upaya penerobosan masuk ke Masjid Al-Aqsha, upaya Yahudisasi Al-Quds (Yerusalem), peningkatan serangan terhadap sejumlah masjid dan jejak peninggalan Islam.
  5. Tumbuhnya kesadaran Islam di dunia Islam sendiri dan Arab, juga perasaan jihad di kalangan masyarakat Palestina yang kian berkobar.
  6. Masyarakat Palestina telah putus asa terhadap solusi-solusi damai. Mereka merasa perlu segera bertindak dan tidak lagi menunggu pergerakan Arab, karena mereka yakin bahwa segala upaya perundingan, konferensi, juga semua keputusan yang dihasilkan selama kurun waktu 40 tahun belakangan tidak membawa guna.

Itulah enam poin sebab-sebab munculnya perlawanan dari masyarakat Palestina. Sebenarnya, masih ada banyak sebab untuk hal tersebut. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian, dan memberikan pencerahan terkait isu yang terjadi di Palestina hari ini. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lanjutan): 08123 2011 55