Kasihpalestina.com – Bagi yang masih bingung dengan istilah Zionisme, yang sering kali dikaitkan dengan penjajah Israel, kali ini Kasih Palestina akan menjelaskan sedikit mengenai gerakan yang satu ini.

Menurut Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha karya tim Aspac for Palestine, Zionisme adalah gerakan yang menginginkan negara murni dengan ras Yahudi. Ideologi dalam gerakan ini tidak memberikan ruang sama sekali bagi bangsa-bangsa lain, untuk hidup bersama-sama secara damai. Dengan kata lain, ideologi dalam Zionisme penuh dengan semangat rasialisme dan penjajahan.

Pada awalanya Zionisme ditolak oleh sebagian besar masyarakat Yahudi, tetapi dalam perkembangannya, gerakan ini kemudian diterima atas dasar banyak peristiwa. Pada pelaksanaannya pun, ideologi dalam Zionisme begitu ringkih karena tidak berpijak pada keyakinan Yahudi dan semata-mata karena kekuasaan dan uang.

Dalam buku Der Judenstaat, Theodor Herzl mengatakan, “Tidak ada bangsa di dalam sejarah yang mengalami penderitaan seperti yang kami miliki, karena adanya prasangka buruk yang tertanam di dalam jiwa/pikiran bangsa lain. Semakin lama, penindasan ini akan semakin menjadi-jadi. Satu-satunya harapan untuk melarikan diri dari penderitaan ini adalah sebuah negara Yahudi.”

Pernyataan itu bukanlah semata-mata mengenai penderitaan kaum Yahudi dan adanya prasangka buruk bangsa lain terhadap mereka. Penafsiran tentang sejarah Yahudi ini cenderung untuk meyakinkan banyak orang Yahudi, juga mendorong mereka untuk ambil bagian dalam  perjuangan membentuk negara Yahudi. Banyak orang yang sepakat dengan ideologi tersebut, karena mereka mempunyai tujuan yang sama dengan Herzl.

Tantangan awal dari gerakan ini yakni berusaha meyakinkan kaum Yahudi bahwa dulu mereka merupakan sebuah bangsa, juga menghambat pembauran (pencampuran) orang Yahudi di Eropa. Sementara itu, para pemimpin gerakan Zionisme berupaya mewacanakan adanya pemukiman Yahudi di Palestina, negeri indah yang telah dihuni oleh orang-orang Arab sejak ribuan tahun silam. Herzl dan para pemimpin penerus Zionisme menegaskan bahwa semua atau hampir semua masyarakat asli tanah Palestina harus meninggalkan negeri tersebut.

Itulah informasi singkat mengenai gerakan Zionisme yang telah mendirikan Israel. Selebihnya dapat dilihat langsung dari sumber rujukan. Semoga pengetahuan tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lanjutan): 08123 2011 55