Aksi Nyata Tolak Penjajahan Israel di Kejuaraan Bela Diri Judo

Keterangan foto: Sebuah pertandingan Judo di Inggris (ilustrasi). (Sumber. bjanorthern.org.uk)

Kasihpalestina.com – Kepedulian dunia internasional kepada Palestina mungkin belum menyeluruh, tapi mereka yang mendukung Palestina begitu sungguh-sungguh dalam melawan penjajahan yang dilakukan Israel.

Satu dari banyak contoh terjadi di bidang olahraga bela diri Judo. Dilansir dari Electronicintifada.net, Federasi Judo Internasional (International Judo Federation (IJF)) telah membatalkan dua kejuaraan di Uni Emirat Arab dan Tunisia, karena kedua negara menolak untuk menormalkan partisipasi Israel.

Federasi tersebut tidak menyebutkan Israel dalam pernyataannya, akan tetapi dikatakan bahwa federasi meminta dua penyelenggara untuk memberikan surat jaminan yang ditandatangani oleh pemerintah bahwa seluruh negara anggota IJF akan memiliki hak berpartisipasi di kejuaraan mereka dengan kondisi yang setara.

Federasi mengungkapkan belum menerima informasi semacam itu dari dua negara tersebut.

Para penyelenggara menolak memutar lagu kebangsaan Israel ketika Israel menang di cabangnya di kejuaraan Abu Dhabi Grand Slam pada tahun 2017. Sebagai gantinya, mereka memutar lagu resmi dari federasi. Penyelenggara juga menolak mengibarkan bendera Israel di ajang yang sama, mengibarkan bendera federasi Judo sebagai gantinya.

Baca juga:  http://kasihpalestina.com/2018/07/23/setelah-ditutup-beberapa-waktu-israel-akan-buka-perbatasan-dengan-persyaratan/

Pada bulan April, sebuah pertandingan melarang empat atlet Israel berpartisipasi dalam kejuaraan nasional Taekwondo  setelah sebuah kelompok anti normalisasi lokal, menuntut presiden federasi Taekwondo negara tersebut, Ahmed Gaaloul.

Dalam perkara hukum, Komisi Nasional untuk Mendukung Perlawanan Arab dan Menentang Normalisasi dan Zionisme berkomitmen untuk mencela juga menolak pendudukan Zionis dan kolonialisasi, juga memboikot serta tidak berurusan dengan entitas Zionis […] dengan cara apapun,” menurut The Times of Israel.

Itulah sebagian kecil contoh, bagaimana dunia internasional peduli dan membela masyarakat Palestina. Tidak hanya sekadar kata, namun berupa aksi nyata. Semoga apa yang dilakukan mereka memberi inspirasi pada kita untuk merealisasikan kepedulian terkait Palestina. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lanjutan): 08123 2011 55