Apa Saja yang Biasa Dilakukan Warga Palestina di Bulan Ramadan?Artikel

Apa Saja yang Biasa Dilakukan Warga Palestina di Bulan Ramadan?

Kasihpalestina.com – Setiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda ketika menjalani bulan Ramadan. Seperti di Indonesia yang memiliki tradisi ngabuburit. Kalau di Palestina, bagaimana ya, masyarakatnya menjalankan bulan Ramadan? Dan apa saja kebiasaan-kebiasaan di bulan Ramadan yang ada di sana?

 Ketika bulan Ramadan, jam kerja orang-orang di Palestina berkurang sebanyak dua jam. Pada hari-hari biasa orang bekerja sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore, sedangkan di bulan Ramadan jam kerja berubah menjadi pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Sementara itu, pada siang hari toko-toko di sana tutup. Kebanyakan orang juga menghindari terik matahari sehingga mereka memutuskan untuk diam di rumah. Baru pada sore hari toko-toko mulai buka, karena banyak warga yang berbelanja untuk mempersiapkan iftar (buka puasa).

Apabila hari Jumat tiba, kawasan Al-Aqsha dipadati oleh muslim. Ini dikarenakan banyak warga Palestina yang mendapatkan izin untuk beribadah di sana. Maka tidak aneh, jika pos pemeriksaaan dipenuhi oleh warga.

Seperti di negara-negara lain, ketika masyarakat menyambut bulan Ramadan, rumah-rumah warga dipasangi hiasan-hiasan cantik. Hal yang sama juga dilakukan oleh warga Palestina. Tidak hanya rumah, jalanan pun dipenuhi oleh kerlap-kerlip cahaya lampu di malam hari.

Tadi sempat dibahas mengenai iftar. Jika ada iftar artinya ada banyak makanan enak. Iftar biasanya dilakukan dengan acara makan besar, beramai-ramai. Dimulai dengan memakan buah kurma, lalu semangkuk sup, dan untuk menu utama biasanya berupa nasi dan daging.

Jangan lupakan makanan penutup. Ramadan terkenal dengan makanan manisnya (desserts). Di Palestina, makanan penutup yang terkenal adalah katayef. Ia adalah pancake yang diberi taburan kacang kenari, kayu manis atau keju putih dan disajikan dengan sirup manis di atasnya. Katayef hanya dibuat dan disajikan saat bulan Ramadan. Jadi, sangat lumrah bagi muslim maupun non muslim di Palestina untuk menyajikan katayef, hampir setiap hari selama bulan Ramadan.

Terakhir dan bukan benar-benar yang terakhir, di bulan Ramadan banyak acara televisi Arab terbaik yang tayang di bulan Ramadan, karena ini adalah jam tayang utama untuk berbagai saluran televisi.

Itulah beberapa kebiasaan yang istimewa dan berbeda di negeri Palestina. Semoga menginspirasi. Lalu, bagaimana tradisi keluarga kalian di bulan Ramadan? (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Anothervoice.info

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)

Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita