Palestina Tak akan Menyerah hingga Tanah Mereka KembaliArtikel

Palestina Tak akan Menyerah hingga Tanah Mereka Kembali

Kasihpalestina.com – Aksi damai The Great Return March semakin memanas akibat serangan tak henti dari penjajah Israel. Akan tetapi, gangguan itu tak mematahkan semangat warga untuk memperjuangkan kebenaran.

Dalam inaugurasi (peresmian) mural tiga tokoh simbol kebebasan (Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, dan Martin Luther King) di tenda perkemahan di Kota Gaza bagian timur, Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh mengatakan, “Aksi damai ‘The Great Return March’ telah dimulai dan tidak akan berhenti sebelum kami kembali ke rumah kami.”

Acara tersebut sengaja dibuat untuk memperingati 50 tahun pembunuhan Martin Luther King. Dalam pidatonya, Haniyeh bercerita mengenai Luther King, “Hari ini 50 tahun lalu, salah satu pria hebat yang berjuang untuk kemanusiaan dikubur. Tidak ada perbedaan antar manusia karena warna kulit atau kesusilaan. Kita berbicara mengenai Martin Luther King, yang dibunuh atas dasar kebencian dan rasisme pada 4 April 1968 dan dikubur pada 9 April. Cita-citanya bersesuaian dengan kebudayaan dan prinsip kami.”

Haniyeh menambahkan bahwa saat ini warga Palestina sedang terlibat dalam peperangan multi-pihak demi kemerdekaan, untuk mengakhiri apartheid dan rasisme, juga mengakhiri pendudukan.

“Hari ini, secara damai, kami mencari kembali hak fundamental, yang paling utama adalah hidup di tanah kami dalam kedamaian, untuk kembali ke rumah kami dan mempunyai kebebasan dalam bergerak dan bepergian, juga untuk memiliki air bersih serta makanan sehat,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Oleh karena itu, kami menyeru dunia terutama sekali PBB dan manusia merdeka di mana pun mereka berada, untuk berdiri bersama kami dan mendukung perkara kami, membantu kami mencabut pendudukan yang menindas dan mendapatkan pendidikan juga kesehatan.”

Dirinya teringat akan kata-kata mengabadi dari Martin Luther King: ‘Saya memiliki sebuah mimpi. Kami akan mengatasinya.’ Maka Haniyeh mengatakan, “Kami memiliki sebuah mimpi dan akan mengatasinya.” (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Hamas.ps/en

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Paletstina)
Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita