Kurangi Impor Listrik di Palestina, PIF Pinjam Dana untuk Buat Panel SuryaBerita

Kurangi Impor Listrik di Palestina, PIF Pinjam Dana untuk Buat Panel Surya

Kasihpalestina.com — Perusahaan Dana Investasi Palestina (Palestine Investment Fund) menandatangani kontrak peminjaman dana dengan bank Arab, untuk membiayai pembuatan tiga taman surya di Palestina. Dilansir dari English.pnn.ps, dana yang dipinjam sebesar USD 20 juta.

Ketiga taman surya tersebut akan dibuat di seluruh wilayah Palestina. Satu taman akan dibangun di Jericho yang akan menghasilkan 7,5 MW (megawatt), taman kedua akan dibangun di Tubas yang akan menghasilkan 9 MW, dan taman yang terakhir akan dibuat di Jenin yang akan menghasilkan 5 MW.

Rencana tersebut akan direalisasikan melalui perusahaan Massader. Ini kemudian menjadi satu langkah lain dalam program “Noor Palestine” milik Massader, di mana rencananya akan dibangun kapasitas daya hijau sebesar 200 MW di tahun 2026.

Partisipasi bank Arab dalam program “Noor Palestine” merupakan langkah penting dalam menaikkan bank lokal dan partisipasi institusional, dalam proyek daya hijau dan surya untuk meningkatkan keamanan energi di Palestina.

Dr. Mohammad Mustafa, Ketua dari Palestine Investment Fund (PIF), menekankan bahwa urgensi perjanjian tersebut demi pengembangan sektor energi di Palestina. Kontribusi bank Arab juga akan mempercepat jalan dari pelaksanaan program “Noor Palestine” dan mendukung bank-bank lain serta institusi-institusi finansial, bagi pengembangan daya hijau di Palestina.

Dr. Mustafa menjelaskan bahwa program “Noor Palestine” merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk memperkuat keamanan energi Palestina, dengan mengurangi ketergantungannya kepada listrik impor.

“Selain tiga taman surya di Jericho, Tubas, dan Jenin, kami telah memulai program yang akan menginstal sistem energi surya di atap bangunan perumahan, publik, dan komersial,” jelasnya.

Demi tujuan itu, Dr. Mustafa baru-baru ini juga telah menandatangani perjanjian dengan Kementerian Pendidikan dan Pendidikan lebih Tinggi untuk menginstal panel surya di 200 atap sekolah umum.

Bersamaan dengan prakarsa surya tersebut, PIF juga berinvestasi untuk pembangkit listrik, seperti melalui pengembangan Pembangkit Listrik di Jenin, yang kapasitas produksinya akan ditingkatkan hingga 450 MW.

Ia berharap setelah proyek-proyek itu diimplementasikan secara lengkap, penggunaan listrik impor di Palestina akan berkurang hingga kurang dari 40% — sebuah pencapaian yang siginifikan untuk sebuah negara yang saat ini mengimpor lebih dari 90% listriknya. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55