‘Bocah Bawang’ asal Palestina, Berjuang untuk Kembalikan Tanah LeluhurBerita

‘Bocah Bawang’ asal Palestina, Berjuang untuk Kembalikan Tanah Leluhur

kasihpalestina.com – Di antara ribuan orang, seorang anak berhasil menarik perhatian. Mohamed Ayyash, berdiri di barisan depan dengan menggunakan bawang di dalam maskernya.

Melansir dari Aljazeera.com, Ayyash kemudian menjelaskan alasan dirinya menggunakan bawang di dalam masker, “Ayahku terluka di intifadah pertama dan bercerita mengenai ‘masker bawang’. Aku mencoba membuat ulang dan kemudian jadilah seperti yang aku pakai sekarang. Aku tidak menyangka, gambarku akan menjadi pembicaraan.”

Masker buatan tersebut adalah upaya Mohamed untuk mengurangi efek dari gas air mata, yang dilemparkan oleh tentara israel. Bassam Ayyash, ayah dari Mohamed membenarkan ucapan sang putra.

Ketika ditanya mengenai kehadirannya di barisan paling depan aksi massa, Mohamed menjawab, “Tujuanku adalah mengambil kembali tanah kelahiranku, tanah kelahiran nenek-kakekku, dan kenangan-kenangan keluargaku.”

Mohamed Ayyash kemudian menjadi wajah dari aksi protes Land Day di Gaza, yang meminta hak para pengungsi Palestina agar dapat kembali ke kampung halaman.

Bassam yang terluka pada intifadah pertama di tahun 1989 mengungkapkan kebanggaannya pada Mohamed, juga determinasinya untuk merebut kembali tanah leluhur yang dicuri.

Awalnya, keluarga Ayyash dipindahkan dari Yaffa selama pembersihan etnis Palestina oleh Zionis Israel pada tahun 1948. Kini keluarga itu tinggal di barak Maghazi yang berlokadi di pusat Jalur Gaza.

Mohamed ingin kembali walaupun tentara Israel memberikan ancaman, “Aku tidak takut pada mereka, mereka yang takut pada kami. Mereka takut karena tidak memiliki tanah di sini. Mereka datang dari tanah yang berbeda dan ingin mengambil Yerusalem.”

Ia kehilangan seorang sanak keluarganya di aksi massa ini, dan beberapa yang mengalami luka-luka. Tapi menurut sang ayah, Mohamed siap untuk protes baru menuju peringatan Nakba pada 15 Mei mendatang. Tanggal tersebut ditandai warga Palestina untuk peristiwa pengusiran mereka dari tanah sendiri. (kimikim/kasihpalestina)

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita