4 Ilmuwan Palestina Hasilkan Listrik Gunakan Ombak LautBerita

4 Ilmuwan Palestina Hasilkan Listrik Gunakan Ombak Laut

Kasihpalestina.com – Mungkin ini salah satu alasan Zionis Israel mengincar para ilmuwan Palestina, selain pembunuhan terhadap Fadi al-Batsh yang dikarenakan kehebatannya dalam pengembangan roket. Belum lama ini, para ilmuwan Gaza berhasil menghasilkan listrik dari ombak di laut.

Palestina dihuni oleh orang-orang berpotensi dan hebat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Maka tidak salah, ketika paman dari Fadi, Jamal al-Baths, mengatakan bahwa Palestina akan dimenangkan oleh para ilmuwannya.

Melansir dari Middleeastmonitor.com, empat ilmuwan Palestina asal Gaza berhasil menghasilkan listrik setelah kerja keras mereka selama bertahun-tahun. Untuk menghasilkan listrik mereka menggunakan ombak di lautan sebagai media.

Keempat ilmuwan itu pertama kali memulai kerjanya pada sistem, sebagai bagian dari proyek tahun terakhir untuk memperoleh gelar di Universitas Gaza pada tahun 2016. Akan tetapi, dikarenakan krisis listrik yang menimpa Gaza, mereka memutuskan mencoba sistem tenaga air untuk membantu memecahkan krisis listrik di wilayah pemblokadean tersebut.

4 Ilmuwan Palestina Hasilkan Listrik Gunakan Ombak Laut
Keterangan : 4 Ilmuwan Palestina Hasilkan Listrik Gunakan Ombak Laut

Sekelompok akademisi dari universitas tersebut, sejumlah ilmuwan terkemuka dan para pebisnis, menghadiri pelantikan resmi untuk proyek, bersama dengan para ilmuwan: Mahmoud Abu Zeid, Ghazi Aslih, Haytham Mashtaha dan Mahmoud Murad.

Mashtaha mengatakan bahwa proyek penelitian ini berhasil menyediakan energi dengan kapasitas 12-15 kw. Listrik dapat disediakan untuk 7 rumah. Untuk fase selanjutnya, diharapkan listrik dapat mencapai kapasitas 20-25 watt apabila alat-alat penunjangnya tersedia.

Saat ini, ia dan rekan-rekannya berharap bahwa proyeknya akan berubah menjadi perusahaan komersial, untuk mengurangi krisis energi yang sedang terjadi di Gaza. (kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55

 

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita