Trump pindahkan dubes israel ke al qudsArtikel

Amerika Serikat Rencanakan Kepindahan Kedutaan Besar ke Yerusalem pada 2019

Kasihpalestina.com – Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat, Senin (22/1) lalu mengunjungi Israel dan menimbulkan banyak pro-kontra terkait pernyataannya di acara tersebut. Aljazeera.com mengabarkan, bahwa kedatangan Pence untuk mengumumkan waktu pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Pidato Pence di Knesset

Dalam pidato itu, ia menyampaikan bahwa pemindahan kedutaan besar akan dilakukan pada akhir tahun depan, 2019. Saat itu, pidato Pence memasuki fase pengantar ketika terdengar suara protes para politisi Palestina dari aliansi Joint Arab List. Para politisi itu mengangkat poster Kompleks Masjid Al-Aqsha sebagai bentuk protes. Sayangnya, tidak lama kemudian mereka diusir keluar oleh petugas keamanan di sana.

“Amerika berdiri bersama Israel, karena perkara kalian adalah perkara kami. Nilai kalian adalah nilai kami, dan pertarungan kalian adalah pertarungan kami. Kami percaya kebenaran di atas kesalahan, yang baik di atas yang jahat, dan kebebasan di atas tirani,” demikian cuplikan pidato Mike Pence.

Tanggapan atas Sikap Pence

Beberapa kalangan memberikan pendapatnya terkait pidato dari Wakil Presiden Amerika
Serikat tersebut.

1) Saeb Erekat

Kepala Negosiator Otoritas Palestina (PA) itu mengatakan, bahwa pidato Pence menjadi bukti pemerintahan Amerika adalah bagian dari masalah bukan solusi. Dirinya juga memberikan pesan pada dunia, “Rusak hukum internasional beserta resolusi, maka Amerika Serikat akan memberikanmu hadiah.”

2) Marwan Bishara

Seorang analis politik senior itu mengatakan, “Sangat memusingkan untuk menganalisis orang yang berbicara dalam hal menginginkan kedamaian, tetapi di saat yang bersamaan menghancurkan seluruh dasar untuk kedamaian. Seluruh pidatonya tidak menyebutkan sekalipun mengenai warga Palestina yang sudah dipaksa menjadi pengungsi, atau hidup di bawah pendudukan selama 50 sampai 70 tahun terakhir ini.

(kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Aljazeera.com

Mari bersama kita ulurkan tangan untuk saudara-saudara yang berada di Palestina dan pengungsian. Anda dapat membantu dengan mengirim donasi melalui rekening Bank Syariah Mandiri di nomor 1001 2016 2 6, a.n Kasih Palestina. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi pengiriman anda ke nomo call center kami: 08123 2011 55.