Guru PalestinaArtikel

Prestasi Gemilang Guru Palestina di Kancah Dunia

kasihpalestina.com – Seorang guru Palestina pada tahun 2016 lalu terpilih menjadi guru terbaik dunia, dalam ajang penghargaan Global Teacher Prize dan meraih hadiah satu juta dollar Amerika atau setara dengan 13 miliar rupiah.

Dilansir dari bbc.com, warga Palestina di Jalur Gaza yang harus hidup lebih dari 11 tahun dalam kurungan blokade, dengan kondisi yang diliputi berbagai kesulitan. Termasuk di dalamnya anak-anak Gaza yang tidak bisa memperoleh pendidikan yang layak dengan fasilitas memadai.

Namun, Hanan Al Hroub seorang guru Palestina mampu membuktikan pada dunia bahwa ia bisa berprestasi di kancah internasional dengan mendapatkan gelar guru terbaik dalan acara Global Teacher Prize yang diadakan pada hari Ahad, 13 Maret 2016 di Dubai. Dan membawa hadiah sebesar satu juta dollar Amerika (13 miliar rupiah).

Besar di Kamp Pengungsian

Hanan Al Hroub yang berprofesi sebagai guru untuk anak-anak pengungsi Palestina, melewati hari-harinya dari sejak kecil hingga besar di sebuah kamp pengungsian Palestina di dekat Bethlehem. Akan tetapi semangat dan kegigihannya membuat ia bisa menjadi seorang guru, serta membuktikan keberhasilannya pada semua meski hidup di keterbatasan.

Ucapan Selamat Langsung

Dalam video siaran langsung Paus Fransiskus mengucapkan selamat pada Al Hroub seraya mengatakan, bahwa guru adalah pembangun perdamaian dan persatuan. Selain itu, Pangeran William pewaris tahta Kerajaan Inggris juga mengucapkan selamat untuknya melalui pesan video.

Guru Bisa Mengubah Dunia

Ketika berpidato usai penerimaan hadiah, Hanan Al Hroub mengatakan dengan lantang, bahwa guru bisa mengubah dunia. Ia pun merasa bangga menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di hadapan ribuan orang dari seluruh dunia.

Hanan Al Hroub adalah guru yang diamanahi untuk menangani anak-anak yang menderita trauma kekerasan, bertekad akan menggunakan hadiah dari prestasinya tersebut untuk membantu murid-muridnya lepas dari trauma dan bisa berprestasi di kancah dunia.

Penghargaan Global Teacher Prize diberikan oleh Yayasan Varkey yang merupakan yayasan sosial milik perusahaan pendidikan internasional GEMS. Tujuannya adalah untuk meningkatkan status profesi guru. Selain Palestina para finalis acara tersebut lainnya berasal dari Inggris, India, Kenya, Finlandia, dan Amerika Serikat. (VelaBuruuji/kasihpalestina).

Yuk kita bantu cita-cita Hanan Al Hroub untuk mengubah dunia dengan profesinya, melalui langkah nyata kita mengubah Palestina yang kita wujudkan dengan donasi. Kirimkan donasinya ke Bank Syariah Mandiri di no rekening 1001 2016 26  an. Kasih Palestina, untuk konfimasi donasi bisa menghubungi call center kami di no telp. 08123 2011 55. Karena Guru Mampu Ubah Dunia…