Sejarah PalestinaArtikel

6 Cara Kenali Sejarah Palestina Lebih Dalam

kasihpalestina.com – Berbicara mengenai Palestina takkan lengkap, jika tak mempelajari sejarah tentang negeri para nabi itu. Sejarah merupakan cermin bagi setiap umat dan bangsa, karena masa lalu menjadi referensi masa sekarang serta alat untuk memprediksi masa depan.

Maka, sebelum mengaktualisasikan diri menjadi pembela dan pejuang Palestina, alangkah lebih baiknya untuk lebih mengetahui sejarah Palestina melalui beberapa cara berikut:

  1. Mengenal arti penting Palestina

Ketika umat Muslim mengetahui arti penting Palestina dalam pandangan Allah, Rasulullah dan para nabi, maka mereka takkan bersikap acuh tak acuh terhadap negeri tersebut. Shalat pertama yang dilakukan Rasulullah usai Isra’ Mi’raj dilaksanakan di Masjidil Aqsha, beliau menjadi imam shalat untuk para nabi lain.

  1. Mengetahui kisah Palestina

Sejarah negeri Palestina merupakan sejarah terkaya dari seluruh sejarah umat manusia, karena banyaknya kekuatan kepimpinan dan peradaban dunia terjadi di negeri tersebut. Palestina menjadi saksi kejayaan peradaban umat dari masa sebelum Islam hingga kejayaan umat Islam.

  1. Mempelajari gerakan revolusi di Palestina

Banyak dari umat Islam yang mengira bahwa perjuangan rakyat Palestina di masa sekarang merupakan revolusi pertama yang dilakukan rakyat Palestina. Namun, sesungguhnya telah memulai gerakan revolusi sejak tahun 1919 dan setiap tahunnya selalu ada gerakan perlawanan.

  1. Mempelajari sejarah tokoh-tokoh Palestina modern

banyak tokoh perjuangan rakyat yang memberikan kontribusi langsung dalam lembaran sejarah Palestina. Ketika mempelajari sejarah mereka akan mengantarkan pada pengetahuan sisi pribadi para tokoh Palestina dan segala upara perjuangan mereka untuk tanah airnya.

  1. Mempelajari sejarah gerakan perlawanan rakyat Palestina

Tanah Palestina telah menjadi saksi bisu banyaknya gerakan perlawanan rakyat mengusir musuh dari negeri yang diberkahi. Mempelajari sejarah gerakan perlawanan tersebut akan melahirkan keyakinan dalam memandang segala permasalahan yang terjadi di Palestina dan menumbuhkan pandangan baru terkait peran diri dalam perjuangan untuk Palestina.

  1. Menyaksikan acara televisi (media elektronik) seputar sejarah Palestina

Pilihlah saluran televisi yang menayangkan sejarah Palestina atau bisa juga mencarinya di media sosial yang kini mudah untuk di akses dimana saja. Karena dengan menyaksikan acara mengenai sejarah Palestina akan lebih mengokohkan diri untuk menjadi pejuang Palestina.

Ketika setiap diri mengetahui dan memahami sejarah Palestina secara lebih terperinci, maka memberikan sumbangsih peran nyata untuk kemerdekaan Palestina takkan terasa menjadi beban berat yang berharap tak perlu dilakukan. Namun, malah akan melahirkan kesiapan diri berdiri di garda terdepan dalam gerakan pembebasan Palestina. (VelaBuruuji/kasihpalestina).

Note: Disadur dari buku “Palestina. Kewajiban Yang Terlupakan” karya Dr. Raghib As Sirjani.

Kenali sejarah Palestina lebih jauh lagi dengan menghadirkan The Palestine Series di tempatmu. Untuk informasi lebih lanjut hubungi call center kami di no telp. 08123 2011 55.