Artikel

Mangga Gaza: Buah yang Paling Diminati di Musim Panas

 

Kasihpalestina.com – Subhanallah, sungguh menakjubkan di balik kondisi wilayah yang di blokade penjajah Zionis Israel. Buah mangga di Jalur Gaza termasuk yang paling diminati di musim panas, persediaan di pasar Gaza pun cukup besar baik yang dipasok dari dalam maupun yang dari impor.

Seperti yang dilansir dari melayu.palinfo.com, petani Palestina di wilayah Gaza berhasil memanfaatkan puluhan hektar lahan mangga yang mereka tanami dengan berbagai jenis mangga. Meskipun, kebun mangga di Gaza hanya menghasilkan 365 ton atau setara dengan 8% kebutuhan Jalur Gaza.

Adapun musim panen mangga di Gaza terjadi dari pertengahan Juli hingga 3 bulan kemudian dengan berbagai jenis mangga, antara lain: Almaya, Hayaden, India, Jet, Tomi, dan jenis lainnya dengan ukuran yang berbeda dan rasa yang bervariasi.

Keterbatasan Produksi

Dari 102 hektar lahan kebun mangga, 285 pohon berbuah dan 110 pohon lainnya tidak berbuah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kedekatan dengan sebagian wilayah laut yang airnya asin. Sedangkan,pohon mangga merupakan salah satu jenis pohon tropis yang membutuhkan suhu yang pas dan air tawar.

 Menurut kepala Dinas Perkebunan di Kementerian Pertanian, Muhammad Naqah mengungkapkan bahwa lahan pertanian mangga di wilayah Netzarim yang dulu ditinggalkan Israel adalah lahan yang paling produktif. Karena posisinya berada di dataran rendah dan jauh dari wilayah laut.

Mangga Di Jalur Gaza

Perusahaan Sanabil

Selain dikelola warga dan pemerintah, mangga di Gaza pun dikelola oleh perusahaan Sanabil yang menyewa lahan perkebunan mangga dari Kementerian Pertanian sebanyak 64 hektar. Menurut pejabat perusahaan Sanabil, Mohammad Juha mengatakan, panen buah mangga di musim kali ini cukup melimpah, dimana setiap pohon menghasilkan antara 70-100 buah mangga. (VelaBuruuji/kasihpalestina).

Mangga Di Jalur Gaza

Sebuah keberkahan yang dianugerahkan oleh Allah terhadap negeri Palestina, khususnya wilayah Gaza yang menghasilkan buah mangga yang paling diminati warga. Meski keterbatasan produksi memengaruhi produksi mangga di wilayah terseebut, namun tidak mengurangi rasa dan ukuran yang dihasilkan.

Ingin meraih keberkahan dan keistimewaan dari negeri Palestina, ayo berdonasi untuk Palestina melalui kami. Insya Allah keberkahan akan anda raih…