Artikel

Inilah 3 Model Pengasuhan untuk Membentuk Generasi Rabbani yang Dilakukan Para Orang Tua

KasihPalestina- Anak adalah anugerah bagi orang tua. Tentunya setiap orang tua mengingingkan anaknya yang lahir ke dunaia menjadi anak yang baik terutama umat Islam mengingkan anaknya menjadi generasi rabbani. Maksud dari generasi rabbani disini adalah mendapat keridhaan dari Allah, serta perilakunya mencerminkan pribadi muslim yang sebenarnya. Untuk menjadikan anak sebagai generasi tentunya orang tua memiliki andil besar dalam menciptakan itu semua. Tapi bisa dengan instan anak akan tumbuh menjadi generasi rabbani harus melalui tahapan-tahapan yang semuanya tergantung kepada cara mendidik atau pola asuh orang tuanya. Lalu, seperti apakah model pengasuhan untuk membentuk generasi rabbani tersebut? Ini Dia ulasannya!

Karakteristik Generasi Rabbani

Sebelum membahas pada model pengasuhnya, alangkah kebih baiknya bila mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari generasi rabbani tersebut. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 54 :

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mu’min dan bersikap keras terhadap orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikannya kepada siapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (pemberianNya) lagi Maha Mengetahui”.

Dari ayat tersebut terlihat dengan jelas karakteristik generasi rabbani adalah :

  • Dalam hati mereka terhadap rasa kecintaan pada Allah. Hal tersebut dituangkan dengan menjauhi larangan-Nya, melaksanakan perintah Allah, bersih hatinya, dan tidak melakukan sesuatu yang sia-sia.
  • Memiliki kerendahan hati terhadap orang mu’min, keras dan tegas terhadap orang kafir. Serta memiliki semangat untuk berjihad di jalan Allah. Dan tidak takut akan penilaian manusia yang suka mencela.

Pola Pengasuhan untuk Membentuk Generasi Rabbani

  1. Pola Pendidikan Moral

Berkaitan dengan moral disini tak lepas dari yang namanya akhlak. Tentunya sebagai orang tua harus menanamkan ini sedini mungkin. Adapun akhlak yang harus diterapkannya adalah sebagai berikut :

  • Menanamkan rasa cinta terhadap anggota keluarga dan juga teman sebaya
  • Menanamkan rasa percaya diri
  • Menanamkan dan mengajarkan rasa peka dan juga berempati terhadap sesama
  1. Pola Pendidikan Intelektual

Selain jiwa, akal seorang anak pun harus dilatih dan diberikan pelajaran melalui pola pendidikan intelektual. Dengan diajarkannya hal tersebut anak akan belajar dari ilmu pengetahuan dan juga kebudayannya. Dimana hal tersebut adalah bekal untuk masa depannya. Berikanlah pembelajaran tersebut sesuai dengan fase pertumbuhannya agar anak juga tidak merasa untuk dibebankan.

  1. Mengajarkan ilmu agama pada anak

Hal ini adalah menjadi pembelajaran yang terpenting bagi anak. karena dengan dibekali ilmu agama anak bisa menyeimbangkan kehidupan duniawi serta akhirat. Jangan lupa juga untuk mengajarkan Al-Quran, sebisa mungkin dekatkan Al-Qur’an dengan mereka karena itulah pedoman hidup mereka seutuhnya.

 

Itulah dasar model pengasuhan untuk membentuk generasi rabbani.Sebagian besar orang tua di Palestina telah menerapkan pola di atas. Maka tak heran bila generasi penerusnya telah menjadi generasi rabbani yang tangguh. Jika Anda merasa belum puas akan tulisan ini bisa mengontak langsung fanpage facebook kasih palestina untuk mendapatkan langsung materi parenting tentang hal ini. penyampaian kajian parenting bisa disampaikan lewat seminar yang dilangsungkan di kota Anda.

 

 

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita