Artikel

5 Kesulitan Yang Harus Dihadapi Pelajar Palestina

 

Kasihpalestina.com – Sedikitnya 1 juta Pelajar Palestina pada pekan lalu mulai kembali masuk sekolah setelah libur musim panas. Namun, tidak semua pelajar bisa sampai di sekolahnya. Bahkan mereka yang bisa sampai di sekolah pun harus merasakan berbagai kepahitan akan kondisi sekolah seperti tidak adanya bangku untuk belajar.

 

Sebagaimana yang dilansir dari melayu.palinfo.com, tidak seperti pelajar-pelajar yang ada di belahan bumi lainnya,         Mereka mengalami berbagai kesulitan untuk memperoleh pendidikan yang layak guna meraih impian. Di bawah ini beberapa kesulitan (hambatan) yang harus dihadapi oleh Pelajar Palestina di antaranya:

1.Penjajahan

Sejak penjajah Israel menduduki Palestina, secara terus-menerus mereka melakukan berbagai upaya untuk melancarkan tujuan mereka menguasai Palestina seutuhnya sebagai milik mereka. Di antaranya membatasi pendidikan bagi pelajar Palestina dengan cara pelarangan bersekolah, mengganti kurikulum Palestina dengan kurikulum Israel (Yahudi)

2.Kemiskinan

Dari segi ekonomi adanya Israel sebagai penjajah di Palestina, mereka menerapkan berbagai tindakan yang tidak adil bagi warga Palestina seperti pelarangan bekerja, menggusur rumah dan bangunan warga,dan meninggikan biaya pajak pemerintah. Akibat itu semua, banyak warga Palestina yang kesulitan untuk membiayai anaknya bersekolah.

2.Sarana dan prasarana sekolah yang rusak

Para pelajar Palestina harus rela belajar tanpa bangku, bahkan tanpa bangunan sekolah dikarenakan Israel melakukan penghancuran terhadap sekolah mereka. Tidak hanya itu, Mereka terkadang harus belajar di tempat terbuka di tengah terik matahari tanpa perlindungan.

3.Tembok Rasial

Sebagai langkah lain guna memperkecil pendidikan bagi pelajar Palestina diterapkan Tembok Rasial, dimana setiap pelajar yang akan bersekolah dan melewati wilayah tersebut harus diperiksa dengan intensif. Tak jarang ada pelajar-pelajar Palestina yang ditangkap oleh pasukan penjajah Zionis Israel.

5.Blokade Gaza

5 Kesulitan Yang Harus Di hadapi Pelajar PAlestina

Sejak bergulirnya blokade di wilayah Gaza, warga Gaza menghadapi berbagai krisis untuk keberlangsungan kehidupan mereka. Termasuk salah satunya adalah pendidikan bagi anak-anak Gaza.

Anak-anak di wilayah tersebut harus berjuang untuk memperoleh pendidikan yang dapat membantu mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Meski dengan segala keterbatasan, mereka tetap gigih untuk belajar dan bersekolah.

 

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi para pelajar Palestina dalam menempuh pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan adalah salah satu potret kehidupan bagi warga Palestina yang terjajah di tanah mereka sendiri. (VelaBuruuji/kasihpalestina).